PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGELUARAN KAS PADA BALAI PENGELOLAAN PELABUHAN (DINAS PERHUBUNGAN )

Posted: November 26, 2010 in Uncategorized

Seiring dengan perkembangan jaman dan majunya ilmu serta teknologi, maka diperlukan suatu media untuk mengolah data menjadi informasi yang dibutuhkan dengan cepat, tepat, lengkap dan akurat.

Peranan komputer di dalam mengolah data dan menghasilkan informasi sangat penting, karena pengolahan data dengan komputer akan lebih efektif. Balai Pengelolaan Pelabuhan Laut Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan merupakan Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) pada Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Barat.

Anggaran kegiatan operasional kantor dari dana anggaran APBD dalam tahun berjalan sedangkan untuk melakukan pencatatan transaksi-transaksi pengeluaran.kas serta pembuatan laporan masih menggunakan secara manual. Peneliti menganalisis masalah yang ada dengan tujuan untuk memperbaiki sistem yang sedang berjalan serta menggunakan metode penelitian dengan Jenis desain metode penelitian.

yang penulis gunakan yaitu desain deskriptif, jenis data yang digunakan jenis data kuantitatif, metode pengembangan sistem yang digunakan metode berorientasi pada data, metode berorientasi pada proses, struktur pengembangan sistem dengan menggunakan waterfall.

Pada penelitian ini penulis mengusulkan sistem baru yaitu Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas menggunakan MS. Access 2003. Perancangan SIA pengeluaran kas ini terdapat input, proses, output, dalam proses tersebut terdapat jurnal umum dan buku besar sedangkan output menghasilkan laporan pengeluaran kas dan diharapkan dapat memperbaiki sistem yang sedang berjalan dan masalah-masalah yang terjadi dapat diatasi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s